Pengertian Radiasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Radiasi

Pengertian Radiasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Radiasi

Pengertian Radiasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Radiasi

Halo, Sahabat Kritis, dalama artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Pengertian Radiasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Radiasi. Setiap hari kita merasakan adanya pancaran dari matahari itu sendiri dan sehingga kita merasakan panas yang terjadi pada tubuh kita. padahal jarak matahari tersebut sangat jauh dari bumi. Bagaimana itu bisa terjadi? dan apa yang membuat hawa panas tersebut?. Oleh sebab itu, simak artikel dibawah ini.

Pengertian Radiasi

Radiasi adalah suatu bentuk energi yang dipancarkan dari benda atau bentuk sesuatu yang berbentuk atau bersifat pancaran atau gelombang. Sumber panas utama bumi dan atmosfer adalah dari matahari, jumlah panas yang diterima dari bintang-bintang dan benda angkasa lain diabaikan. Energi radiasi yang sampai ke bumi disebut insolasi (Insolation=Incoming Solar Radiation)  tersusun oleh bermacam-macam panjang gelombang. Sinar-sinar dgn panjang gelombang lebih panjang dari sinar yang tampak : Sinar Infra Merah sedangkan sinar  yang lebih pendek dari sinar tampak: Sinar Ultra Violet. Dua sinar ini yang paling efektif memanasi bumi.

Pengertian dan Proses Radiasi, Konveksi dan Konduksi

Proses radiasi, konveksi dan konduksi menyebabkan terjadi pemanasan dan pendinginan udara.
Sebagai tambahan ada pertukaran panas  antara bermacam-macam permukaan dengan atm. Melalui proses evaporasi dan kondensasi.

  1. Pengertian dari Radiasi adalah proses pemindahan energi dengan gelombang elektro magnetik.
  2. Pengertian dari Konduksi merupakan pemindahan panas yang terjadi jika 2 benda yang berbeda berhubungan.
  3. Pengertian dari Konveksi: Pemindahan energi dengan diikuti oleh pindahnya masa udara. 
Contoh: udara menjadi panas karena berhubungan dengan bumi, dia mengembang kurang rapat (ringan), tempatnya diganti oleh udara yang lebih rendah temperaturnya. Jumlah energi yang diterima bumi dalam suatu periode waktu tertentu sebanding dengan jumlah yang hilang berupa radiasi (dalam bentuk radiasi gelombang panjang).

Faktor-faktor Radiasi (Variasi Insolasi)

Berikut faktor faktor yang mempengaruhi radiasi dalam konteks ini, radiasi matahari ke bumi, yakni:

Konstanta Matahari

Energi yang dikeluarkan Matahari. dibatas luar atmosfer Sebesar : 1.94 cal / cm2/ menit. Jarak Matahari-Bumi bervariasi antara 94.5 juta mil pada Aphelion (1 Juli) 91.5 juta mil pada Perihelion (1 Januari)

Kejernihan Atmosfer

Pengaruh debu, awan, uap air dan gas-gas tetap lebih penting pengaruhnya terhadap jumlah radiasi Matahari karena dapat sebagai pemantul, penghambur dan penyerap panas.

Lama Penyinaran Matahari

Lama siang hari bervariasi menurut lintang dan musim. Makin panjang makin besar isolasi. Di Khatulistiwa lama siang dan malam hampir sama. Di kutub penyinaran maksimum 24 jam pada musim panas dan nol pada musim dingin.

Sudut Datang Sinar Matahari

Efek sudut datang sinar dapat dilihat pada perpindahan Matahari harian, siang hari insolasi terbesar. Sore lebih besar daripada pagi hari, sehingga jika sudut datang sinar matahari kecil maka Insolasi Kecil Prinsip tersebut berlaku juga dalam hubungannya dengan lintang dan musim. Pada musim dingin untuk lintang besar, walaupun siang hari insolasi kecil karena sudut datang sinar kecil. Sudut datang sinar juga tergantung kiblat permukaan lahan. Misal: dibelahan utara lereng selatan menerima sinar lebih banyak dan utara selalu dalam bayangan

Lintang Bumi

Faktor radiasi matahari sangat berhubungan dengan lintang. Insolasi tahunan terbesar di khatulistiwa dan menurun ke arah kutub. Jumlah insolasi yang terjadi di daerah sepanjang khatulistiwa selama 1 tahun, terjadi 4 x lebih besar dibandingkan di daerah kutub utara maupun di daerah selatan. Di katulistiwa mengalami maksimal 2x setahun. Pada lintang 23'30 – 66'20 insolasi maks dan min dalam musim panas dan musim dingin. Di kutub insolasi maks pada musim panas. Insolasi aktual sedikit berbeda dengan pola lintang. Insolasi aktual tahunan paling besar terjadi pada lintang 20, karena udaranya lebih kering.

Sekian Artikel kali ini mengenai Pengertian Radiasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Radiasi, disini kita membahas dengan detail mengenai pengertian dari radiasi, pengertian dan proses dari radiasi, konveksi, dan konduksi, hingga faktor faktor yang mempengaruhi dari radiasi matahari ke bumi itu sendiri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya