Model Arsitektur Pohon yang Mudah Dikenali dan Susah Dikenali (Model Mac'lure dan Model Schoute)

Model Arsitektur Pohon yang Mudah Dikenali dan Susah Dikenali (Model Mac'lure dan Model Schoute)

Model Arsitektur Pohon yang Mudah Dikenali dan Susah Dikenali

Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Model Arsitektur Pohon yang Mudah Dikenali dan Susah Dikenali. Pohon memiliki banyak bentuk yang unik, hal yang unik tersebut digambarkan dalam model arsitektur, model arsitektur pohon memiliki banyak sekali macamnya, dari bentuk pohon yang biasa saja hingga bentuk yang hampir tidak menyerupai pohon yang dipikirkan anda sekalian. Berikut merupakan pilihan dari penulis mengenai model arsitektur pohon yang mudah dikenali dan susah untuk dikenali. kita simak artikel dibawah.

Pengertian Model Arsitektur Pohon

Pengertian dari model arsitektur pohon adalah konstruksi dari bentuk suatu pohon sebagai hasil pola pertumbuhan dari pohon itu sendiri yang bersifat dari gen pohon itu sendiri. Unsur unsur dari arsitektur pohon tersebut terdiri dari pola pertumbuhan batang, percabangan dan pembentukan puncak terminal (Halle dan Oldeman, 1975). Adapun unsur unsur yang lainnya yakni : pertumbuhan axis batang, pertumbuhan axis terbatas dan tidak terbatas, distribusi daun, keluarnya cabang pada batang continous dan rhythmic, batang atau axis monopodial dan simpodial, pertumbuhan cabang bisa continous dan rhythmic, pertumbuhan cabang tumbuh terus dan terhenti, pertumbuhan cabang sylleptic dan proleptic, dan bunga bunga terminalis dan lateralis (Wiyono, 2009).

Model Arsitektur Pohon yang Mudah Dikenali (Model Mac'lure)

Berikut merupakan model arsitektur pohon yang mudah dikenali, yakni: Model Mac'lure. kenapa model mac'lure?, dikarenakan model ini merupakan model yang sederhana yang mudah untuk diingat, dikarenakan bentuknya yang mirip huruf S dan karena bentuk S-nya itu hampir tidak mirip seperti pohon pada umumnya; contoh dari model ini hanya berupa bambu (untuk sementara yang masih diketahui); adapun ciri lainnya mengenai model mac'lure adalah : memiliki cabang dibawah tanah (basitoni) (dalam tanaman bambu dinamakan rhizoma) dan cabang diatas tanah (acrotoni), pertumbuhannya plagiotoph-orthotroph-plagiotroph, memiliki bunga lateral; contohnya : bambu apus, bambu ampel, bambu betung, Thyrsostachys siamensis (Wiyono, 2009).
Thyrsostachys siamensis
Sumber : commons.wikimedia.org



Model Arsitektur Pohon yang Susah Dikenali (Model Schoute)

Berikut merupakan model arsitektur pohon yang sudah dikenali, yakni: Model Schoute. kenapa model schoute? dikarenakan model ini memiliki model percabangan yang mirip dengan model leeuwenberg, tetapi batangnya langsung memecah menjadi simpodial dari awal pertumbuhan, sehingga menjadi menggarpu, tetapi jika dilihat pada gambar dibawah, tanaman tersebut tidak menggarpu, karena menggarpu dibawah tanah inilah model schoute memiliki kesamaan dengan model holtum; bunganya pun hanya tumbuh di percabangannya yang pertama dan daunnya yang spiralis; adapun ciri lainnya mengenai model schoute adalah : pohonnya bercabang aksis vegetatif yang ekuivalen, homogen, dan orthotropik, dan cabang diatas tanah (acrotoni), Contohnya : Nipah, Hyphaene thebaica (Khambali, 2017).
Hyphaene thebaica
Sumber : commons.wikimedia.org


Sekian artikel mengenai Model Arsitektur Pohon yang Mudah Dikenali dan Susah Dikenali. dijelaskan mengenai pengertian model arsitektur pohon, unsur unsur arsitektur pohon, model arsitektur pohon yang menurut penulis mudah dikenali, yakni Model Mac'lure dan  model arsitektur pohon yang susah dikenali, yakni Model Schoute. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.


Catatan : Artikel ini juga ditulis pada Website ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya