Pengertian Atmosfer dan Lapisan-lapisan Atmosfer

Pengertian Atmosfer dan Lapisan-lapisan Atmosfer

Pengertian Atmosfer dan Lapisan-lapisan Atmosfer

Halo, Sahabat Kritis, pada sesi ini, kita akan membahasa mengenai atmosfer dan lapisan lapisannya. Atmosfer, yang kita sebut dengan udara, yang menyelimuti bumi. Di dekat tanah, udaranya sangat padat, tetapi semakin tinggi, semakin tipis. Pada ketinggian 50 kilometer, kerapatan udaranya 1 per 1000 dari yang dekat tanah. Diatas 1000 kilometer udaranya sedikit sekali. Tetapi, kita belum mengetahui apa pengertian atmosfer?, silahkan lihat di bawah.

Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi adalah selimut gas tebal yang secara menyeluruh menutupi bumi. Atmosfer juga merupakan campuran anatara uap air dan udara. Didalamnya terdapat oksigen, pemberi kehidupan bagi semua makhluk hidup. Didalamnya juga terdapat karbon dioksida yang diperlukan tumbuhan untuk berfotosintesis dan membuat karbohidrat. Kalau di atmosfer tidak ada lapisan ozon pelindung, maka sinar ultra violet matahari dapat membuat planet bumi tidak dapat dihuni.

Sifat Atmosfer

Atmosfer memiliki sifat yang menandakan bahwa itu adalah atmosfer. Sifat sifat atmosfer dapat berupa:
  • Udara merupakan benda yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak dapat diraba kecuali kalau bergerak sebagai angin.
  • Udara itu mudah bergerak, udara dapat ditekan, dan udara dapat berkembang yang dimana dapat menghasilkan gelombang bertekanan, Udara pun sebenarnya berbentuk transparan dalam paparan radiasi
  • Udara mempunyai berat dan dapat memberi tekanan, makin tinggi tempat makin turun berat jenisnya.
  • Jumlah berat atmosfer : 56 x 10 14 ton, ½ dari berat berada di bawah 6.000 meter, lebih dari 99 %  berada pada tinggi 30 kilometer.
  • Tanpa atmosfer tidak ada kehidupan di bumi. Udara melindungi bumi dari Matahari penuh pada siang hari dan menghalangi hilangnya panas pada malam hari. Jika tidak ada atmosfer yang menyelimuti bumi, yang terjadi adalah suhu bumi bisa dapat mencapai 93,3 derajat celcius pada siang hari dan turun drastis menuju –148 derajat celcius pada malam hari.


Susunan Atmosfer

Atmosfer didekat tanah hampir seluruhnya terdiri dari nitrogen dan oksigen. Didalamnya terdapat sejumlah gas lain, tetapi jumlahnya jauh lebih kecil. Berikut kandungan penyusun atmosfer:
  • Nitrogen (78,09 %),
  • Oksigen (20,94 %),
  • Argon (0,93 %),
  • Karbon dioksida (0,03 %),
  • Neon (0,0018 %),
  • Hidrogen (0,001 %),
  • Helium (0,0005 %), dan
  • Gas gas lain yang memiliki kandungan yang sangat kecil

Udara merupakan campuran berbagai gas secara mekanika, bukan susunan kimia. Meskipun tersusun dari berbagai gas namun 4 diantaranya yang dominan dan dapat mencapai 99,99% pada lapisan atmosfer sampai 90 km

Variasi Setiap Atmosfer

Setiap lapisan atmosfer memiliki karakteristik yang berbeda beda, berikut perbedaannya:
  1. Gas-gas yang lebih ringan ( H dan He ) diperkirakan sangat berlebihan di Atmosfer bagian atas, tetapi dengan turbulensi dalam Atmosfer menyebabkan variasi atas ketinggian tidak begitu tegas.
  2. Uap air menempati 4 – 5% volume atmosfer pada lapisan dekat permukaan, tetapi hampir tidak ada pada ketinggian 10-12 km.
  3. Ozon paling banyak pada ketinggian 15 – 35 km.
  4. Pada lapisan 80 – 100 km, adanya sinar Ultra Violet menyebabkan terjadinya suatu perubahan
  5. Kerapatan Ozon tertinggi terjadi agak kebawah : 20-25 km, disini pengerusakan lebih kecil, sehingga memungkinkan terjadinya akumulasi ozon.


Lapisan Atmosfer

Sampai seberapa sebetulnya tebal atmosfer bumi kurang dapat dipastikan, oleh karena tidak terdapat batas tegas antara udara dan ruangan di luarnya. Hal ini karena fenomena atmosfer berhubungan dengan kemagnitan dan gravitasi, yaitu makin jauh sampai pada suatu mintakat samar-samar yang terdapatnya gas-gas juga makin sedikit dan akhirnya sifat khas atmosfer sudah tidak ada lagi. Berikut lapisan lapisan atmosfer tersebut

Troposfer

Troposfer merupakan lapisan terbawah atmosfer yang hanya sampai ketinggian kira kira 15 kilometer. Tebal lapisan 8 Km di kutub, tetapi memiliki tebal lapisan 18 Km di khatulistiwa. Didalam lapisan inilah ditemukan segala perubahan cuaca di bumi, proses cuaca terjadi disini yakni adanya awan dan hujan. Temperatur keatas makin turun : -57 hingga -62 derajat celcius.

Stratosfer

Stratosfer merupakan lapisan setelah troposfer. Terdapat perubahan temperatur kecil kearah vertikal. Memiliki lapisan tebal di Kutub, kadang-kadang tidak lapisan tebal yang ada di katulistiwa. Lapisan ini dapat mencapai ketinggian 25 Km. Lapisan ini terdapat lapisan ozozn dan berakhir pada lapisan Stratopause yang mengandung  ozon terbesar.

Mesosfer

Mesosfer merupakan lapisan diantara stratosfer dan ionosfer. Lapisan ini dapat mencapai ketinggian 75 km. Temperatur pada lapisan ini mula-mula naik, kemudian turun mencapai minimum pada lapisan mesopause. Lapisan mesosferini berfungsi sebagai pembakaran dan penguraian meteor, sebagian meteor terbakar dan terurai di lapisan ini.

Thermosfer

Thermosfer, kadang disebut juga ionosfer adalah lapisan diantara lapisan mesosfer dan eksosfer. Lapisan thermosfer memiliki ketinggian teratas dengan ketinggian 75 – 375 km. Lapisan ini disebut dengan ionosfer dikarenakan banyak atom bermuatan listrik yang disebut ion dan juga karena Gas-gas pada lapisan tersebut mengalami ionisasi. Lapisan ini memiliki peran sebagai pemantul gelombang radio. Temperatur lapisan ini makin keatas makin naik dan dapat mencapai  1010 derajat celcius dan ini merupakan kesudahan dari tabrakan antar molekul.

Bobot Atmosfer

Atmosfer memiliki bobot tertentu. Pada ketinggian permukaan laut 1 meter kubik udara mempunyai bobot lebih dari 1200 gram. Udara mempunyai tekanan sekitar 35 gram tiap centimeter persegi. Tubuh kita menanggapi tekanan ini dengan memberikan tekanan ke luar untuk mengeimbangi tekanan yang ditimpakan padanya oleh atmosfer.

Demikian ulasan mengenai atmosfer dan lapisan lapisan atmosfer, dimulai dari pengertian, sifat, variasi, hingga bobot dari atmosfer itu sendiri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya