Apa itu Pungutan Liar (Illicit Payments)?

Apa itu Pungutan Liar (Illicit Payments)?

Apa itu Pungutan Liar (Illicit Payments)?

Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Apa itu Pungutan Liar (Illicit Payments)?. pungutan liar sering kita liaht dan sering kita jumpai pada berbagai tempat dan waktu. pungutna liar terjadi karena akan kebutuhan dari korban dan tersangka tersebut. Apa itu Pungutan Liar (Illicit Payments)? dan bagaimana cara mengatasi pungutan liar? kita simak artikel dibawah.

Pengertian Pungutan Liar

Apa kamu tahu Pungutan liar? Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. Kebanyakan pungli dipungut oleh pejabat atau aparat bahkan berada di sekolah, walaupun pungli termasuk ilegal dan digolongkan sebagai KKN, tetapi kenyataannya hal ini jamak terjadi di Indonesia.

Penelitian Pungutan Liar

Sungguh miris jika masih ada banyak pungli diindonesia seperti yang dilansir ICW, ICW menemukan adanya 30 jenis pungutan di sekolah-sekolah dasar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 13 jenis di antaranya berhasil diverifikasi dalam survei. Pungutan liar tersebut adalah biaya ekskul, masuk, bangunan dll.

Bukan cuma itu saja, Menurut hasil studi dari Pusat Studi Asia Pasifik Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan United State Agency for International Development (USAID) pada tahun 2004, biaya pungli yang dikeluarkan oleh para pengusaha di sektor industri manufaktur berorientasi ekspor saja, pertahunnya bisa mencapai 3 trilyun rupiah.

Solusi Mengatasi Pungutan Liar

Mungkin solusi yang bias untuk mencegah yaitu Memberikan sosialisasi/ informasi yang jelas kepada masyakat, serta membuat suatu alur atau sistem layanan yang jelas, transparan dan bersih yang harus diterapkan oleh Pemerintah, baik dari level tertinggi sampai di level terendah (implementasi di lapangan). Selanjutnya, tegakkan sanksi, pengawasan dan penghargaan dari keberhasilan maupun penyimpangan terhadap pelaksanaannya.

Sekian artikel mengenai Apa itu Pungutan Liar (Illicit Payments)?. dijelaskan dengan detail mengenai pengertian pungutan liar, penelitian mengenai pungutan liar, dan solusi untuk mengatasi pungutan liar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya