Pengertian dan Jenis Turbulensi

Pengertian dan Jenis Turbulensi


Pengertian Turbulensi


Pengertian dari turbulensi adalah gerakan udara yang dekat dengan permukaan tanah dan tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara udara dan permukaan tanah yang menghasilkan gerakan-gerakan kecil-kecil. Angin dalam pergerakannya tidak mengikuti garis lurus tetapi berkelok-kelok sesuai dengan medan yang dilewatinya.

Angin akan menghindar (berbelok ke arah lain) jika kekuatan dorongnya lebih rendah dari hambatan yang dimiliki oleh struktur fisik benda yang diterpanya. Kecepatan angin juga tidak stabil, pergerakan angin akan lebih cepat jika hambatan/resistensi media yang dilaluinya rendah. Fenomena arah dan kecepatan angin yang berubah-ubah disebut turbulensi.

Jenis-jenis Turbulensi


Turbulensi memiliki jenis jenis tersendiri, yakni:

  1. Variasi arah dan kecepatan angin yang disebabkan oleh kekasaran permukaan dinamakan turbulensi mekanis.
  2. Turbulensi yang terjadi disebabkan perbedaan suhu lapisan atmosfer dinamakan turbulensi termal atau turbulensi konvektif.
  3. Turbulensi termal terjadi pada saat udara panas pada permukaan bergerak ke atas secara vertikal karena resistensi dari lapisan udara di atasnya.
  4. Kecepatan angin turbulensi mekanis fluktuasinya lebih kecil tetapi frekuensinya lebih tinggi dibandingkan fluktuasi akibat tekanan termal.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya