Mengapa Ada Bulan Pada Siang Hari?

Mengapa Ada Bulan Pada Siang Hari?


Mengapa Ada Bulan Pada Siang Hari?

Halo, Sahabat Kritis. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai bulan, bulan selalu muncul pada malam hari, dimana kita selalu melihat “benda besar melayang”di angkasa, bulan selalu memantulkan cahaya dari matahari agar dapat menyinari malam yang panjang, tetapi adakalanya bulan muncul pada waktu siang hari, kenapa bisa? Dan bulan apakah yang muncul pada siang hari tersebut? Memang ada? Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai gejala bulan muncul disiang hari lebih lanjut.

Mengapa Ada Bulan Pada Siang Hari?

Biasanya, bulan kadang kala tampak ketika hari sudah terang. Itu terjadi dikarenakan bila bulan terbit setelah larut malam dan belum terbenam ketika matahari terbit. Misalnya bulan tertentu seperti, bulan minggu ketiga terbit pada malam hari, sehingga kita dapat melihat bulan tersebut pada saat siang hari.

Kita cenderung memperhatikan muculnya bulan purnama karena bulan tersebut terbit pada waktu matahari terbenam. Tetapi kita kurang memperhatikan saat bulan terbit dan terbenam pada tahap tahap lain. Namun, jika kita ingat letak matahari, bumi, dan bulan yang berubah ubah, jelaslah bahwa terbitnya bulan pada saat matahari terbenam hanya terjadi pada saat bulan purnama. Pada saat itu bumi, bulan, dan matahari terletak pada satu garis lurus. Selama tahap tahap lain, bulan terbit sebelum atau sesudah matahari terbenam. Pada waktu itulah bulan akan terlihat pada siang hari.

Contoh Bulan yang Muncul pada Siang Hari

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bulan minggu ketiga terbit pada malam hari, sehingga kita dapat melihat bulan tersebut pada saat siang hari. Namun, tidak hanya bulan tersebut yang muncul pada siang hari, terdapat berbagai bulan yang dapat muncul pada siang hari, seperti berikut:

Bulan Sabit

Bulan sabit ialah bulan yang tampak pada tepi kanannya. Tahap ini muncul beberapa hari (kurang lebih 3 hari) setelah bulan muda. Bulan sabit ini terbit di pagi hari menjelang siang dan tetap terlihat sepanjang hari. Pada petang hari bulan terbenam di barat. Dari bulan baru ke bulan purnama kita dapat menamainya dengan bulan sedang tumbuh (maksudnya bulan yang akan tumbuh ke bentuk bulatnya).

Bulan Pekan (Minggu) Pertama

Bulan pekan (minggu) pertama hampir mirip dengan bulan pekan ketiga, dimana dapat disebut juga dengan bulan separuh yang sedang susut. Bulan ini tampak kurang lebih 7 hari setelah bulan purnama.

Contoh Bulan yang Tidak Muncul pada Siang Hari

Karena terdapat bulan yang muncul pada siang hari, maka terdapat bulan yang tidak muncul pada siang hari, seperti berikut:

Bulan Purnama

Bulan purnama sewaktu matahari terbenam, bulan purnama mulai muncul di langit sebelah timur kurang lebih jam 6 an, setelahnya mencapai titik puncak kurang lebih jam 12 an, dan hingga pada waktu saat fajar hari, ketika matahari mulai terbit, bulan tersebut terbenam di barat. Bulan purnama tampak bulat penuh karena kita dapat melihat seluruh sisinya yang terkena cahaya matahari.

Bulan Muda

Bulan muda adalah saat bulan tersebut kelihatan pinggirnya saja. Pada saat itu bulan terletak pada antara bumi dengan matahari. Bulan tersebut sering tak kelihatan sama sekali ataupun hampir tak terlihat.

Sewaktu bulan berputar mengelilingi bumi, tahap tahapnya ditentukan oleh letak bulan sehubungan dengan bumi dan matahari. Anda dapat memperagakannya dengan : matahari sebagai lampu yang menyala; dan bulan dengan bola. Lalu peganglah bola itu dan berputarlah untuk menggambarkan bahwa anda adalah bumi yang berputar bersama sama bulan. Sinar yang menerangi bola memperlihatkan berbagai tahap bulan.

Bulan dipastikan berputar mengelilingi bumi. Maka kadang kala kita dapat melihat seluruh bagian yang terkena cahaya matahari. Dan ada kalanya kita tidak melihat apa apa. Hali inilah yang berimbas pada apakah kita melihat bulan pada siang hari dan apakah kita tidak melihat bulan di siang hari.

Sekian artikel mengenai “Mengapa Ada Bulan Pada Siang Hari?”, dijelaskan detail beserta contoh contoh bulan yang ada dan bagaimana hubungan perputaran bulan berimbas kepada munculnya bulan pada siang hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya