Mengapa Cahaya Matahari Sangat Terang dan Sangat Panas Sekali?

Mengapa Cahaya Matahari Sangat Terang dan Sangat Panas Sekali?

Mengapa Cahaya Matahari Sangat Terang dan Sangat Panas Sekali?

Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cahaya matahari yang sangat menyilaukan dan begitu terang sekali. Saat kita melihat ke arah matahari, kita tidak bisa melihat dengan mata telanjang karena mata kita akan merasakan sakit dan pedih, padahal matahari tersebut sangat jauh dari bumi, tetapi menyinarkan cahaya yang begitu terang sekali kebumi, mengapa bisa demikian? Dan berapa cahaya sinarnya (dalam watt)? Mari kita bahas detail di bawah.

Berapa Terangnya Cahaya Matahari (Dalam Watt)?

Matahari merupakan bintang yang sangatlah jauh dari bumi, matahari memiliki jarak terhadap bumi sepanjang 150 juta kilometer jaraknya, tetapi cahaya matahari sangatlah terang, dimana lampu 100 watt dirumah kita juga sangatlah terang, apalagi lebih dari 100 watt. Tetapi cahaya matahari bila diukur dengan ukuran watt, maka cahaya matahari itu dituliskan dengan 380 watt dengan ditambah 24 nol dibelakangnya (380.000.000.000.000.000.000.000.000 watt). Oleh karena itu, cahaya matahari sangatlah terang luar biasa dan luar biasa panasnya. Benda apapun yang dimana menjadi panas, maka akan bersinar lebih terang. Semakin tinggi suhunya semakin terang warnanya.

Mengapa Cahaya Matahari Panas Sekali?

Matahari terdiri dari hidrogen dan helium, yang dimana gravitasi dari matahari itu sendiri menekan atom hidrogen, yang mengakibatkan terciptanya helium dan melepasnya sebuah energi panas yang terjadi. Dimana matahari melepaskan energi panas sebesar 3,8 triliun triliun 100 watt bola lampu, tetapi karena bumi dan matahari sangatlah jauh, maka bumi hanya menerima 3,8 triliun watt saja.

Suhu dimatahari bekisar antara 6000 derajat celcius di permukaan atau fotosfer hingga sampai 15 juta derajat celicus pada intinya. Makin panas bendanya, makin terang cahayanya. Maka suhu mataharilah yang membuatnya demikian menyilaukan. Walaupun hanya sebagian kecil tenaga surya menjangkau bumi, jumlah itu cukup untuk menimbulkan perubahan cuaca serta gejala alam lainnya, maupun untuk menopang kehidupan semua tumbuhan dan makhluk bernyawa di planet ini. Pembangkit tenaga surya hanyalah salah satu diantara banyak cara dan percobaan yang dilakukan manusia untuk memanfaatkan tenaga sinar matahari.

Hanya Matahari yang Terang?

Matahari merupakan bintang yang terang sekali, tetapi bintang tidak hanya matahari, ada bintang bintang yang lainnya yang juga menyinarkan cahaya yang sama atau lebih terang lagi dibandingkan matahari, tetapi mataharilah yang paling dekat dengan bumi dibandingkan bintang bintang lain yang lebih jauh jaraknya ke bumi, sehingga matahari, cahayany dan sinarnya lebih berdampak terhadap bumi dibandingkan bintang bintang lainnya.

Contoh Efek dan Pemanfaatan Cahaya Matahari

Panas matahari dapat dilihat dapat membakar ataupun menimbulkan api, contohnya dengan kaca pembesar. Panas dan cahaya matahari yang menyinari kaca pembesar yang difokuskan ke satu titik maka akan menimbulkan api. Sementara, jika pantulan cahaya matahari mengenai tangan kita dari suatu cermin yang memantulkan cahaya matahari, maka terasalah panas yang terpantul bersamanya.

Karena cahaya matahari yang begitu panas, maka dimanfaatkan oleh manusia untuk mendapatkan tenaga listrik yang bersumber dari tenaga cahaya matahari. Panas matahari disebut juga dengan tenaga surya. Panas itu dapat digunakan untuk membuat uap yang kemudian diubah menjadi listrik. Contohnya pada pembangkit listrik tenaga surya. Cermin yang jumlahnya banyak itu berfungsi seperti kaca pembesar yang gunanya mengumpulkan dan memumpunkan tenaga surya untuk membuat listrik.

Sekian artikel mengenai cahaya matahari, dimana cahaya matahari tercipta karena tekanan dari gravitasi matahari, cahaya matahari yang sangat panas sekali dan berapa panasnya dalam watt, matahari yang paling bersinar dibandingkan bintang lainnya, pemanfaatan dan efek yang terasa dari cahaya matahari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya