Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Dampak Penggundulan Hutan

Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Dampak Penggundulan Hutan

Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Dampak Penggundulan Hutan
Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Dampak Penggundulan Hutan. penggundulan hutan bukan menjadi hal yang asing ditelinga kita, penggundulan hutan dapat menyebabkan berbagai dampak yang terjadi pada muka bumi ini. Bagaimana cara mengatasi penggundulan hutan?, dan Apa itu penggundulan hutan itu? kita simak dalam artikel dibawah.

Pengertian Penggundulan Hutan

Penggundulan hutan atau deforestasi dapat diartikan sebagai pengerusakan hutan dengan cara menebang pohon yang dimana menebang pohon tersebut secara liar atau dikatakan secara berlebihan yang akan mengakibatkan kawasan hutan tersebut menjadi gundul atau tidak ada pohon yang tumbuh di area tersebut.

Penyebab Penggudulan Hutan

Penyebab penggudulan hutan meliputi berbagai macam faktor karena berbagai alasan, yakni :
  1. Keuntungan ekonomi jangka pendek. adanya korupsi di lembaga pemerintahan, kekayaan dan kekuasaan, pertumbuhan penduduk dan urbanisasi.
  2. Konstruksi perkotaan, tentu, Kayu digunakan sebagai bahan bangunan, mebel, dan produk kertas.
  3. Mengakomodasi perluasan daerah perkotaan. Mengakibatkan hilangnya kawasan hutan dan deforestasi besar-besaran.
  4. Hutan ditebang untuk membuka lahan guna menanam tanaman, membangun pertanian, dan juga peternakan. Hal tersebut akan membutuhkan lahan yang luas.
  5. Adanya minyak dan pertambangan dibawah tanah hutan, dan untuk membuat jalan raya pula.
  6. Kebakaran hutan, dapat terjadi secara alami, atau buatan yang disengaja oleh manusia untuk membersihkan hutan.

Dampak Penggundulan Hutan


Terdapat sejumlah dampak buruk yang mencakup pada lingkungan hidup secara luas, beberapa dampak penggundulan hutan, yakni:
  1. Karena tidak adanya hutan, dapat mengakibatkan penurunan sumber daya air, karena pohon menyerap air dari atas tanah, diserap dengan akar, karena tidak ada pohon maka dapat terjadi penurunan sumber daya air itu sendiri
  2. Keanekaragaman hayati semakin berkurang. Hutan hujan tropis memang hanyalah seluas 6% dari permukaan bumi, tetapi terdapat 80-90 % dari seluruh spesies ada di sini. karena terdapat penggundulan hutan, maka sekitar 100 spesies yang unik ataupun belum diketahui tersebut menurun setiap hari, bahkan bisa lenyap.
  3. Salah satu fungsi penting hutan adalah untuk menyerap dan menyimpan sejumlah besar air dengan cepat ketika terjadi hujan lebat. Ketika hutan sudah menghilang, akan menyebabkan banjir dan dilanjutkan kekeringan di daerah yang terkena. dilanjutkan akan menyebabkan gangguan bagi daerah pemukiman manusia dan terancam jiwanya.
  4. Deforestasi juga berpengaruh terhadap pemanasan global. Pohon bertugas sebagai penghasil karbohidrat, lemak, dan protein yang membentuk pohon dari karbondioksida itu sendiri, proses tersebut disebut fotosintesis. Ketika terjadi deforestasi, akan mengakibatkan lepasnya karbondioksida yang tersimpan di dalamnya. Hal ini menyebabkan tingginya kadar karbondioksida yang lebih besar di atmosfer, sehingga terjadi pemanasan global.

Cara Memperbaiki Dampak Penggundulan Hutan

Berikut cara untuk memperbaiki dari dampak penggudulan hutan yang berlebihan, seperti:
  • Penyuluhan kepada masyarakat supaya merkea mengerti akan dampak yang ditimbulkan akibat penggundulan hutan.
Penyuluhan dapat berupa lisan maupun tulisan. Secara lisan bisa dengan bertemu dan berbicara langsung di masyarakat tersebut. Ataupun secara tulisan bisa dengan memberikan peringatan mengenai dampak yang ditimbulkan dari penggundulan hutan
  • Memotivasi masyarakat untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup , khususnya hutan.
Dalam hal memotivasi ini, harus terdapat pioner atau yang mau bersedia, agar seluruh masyarakat mencontoh hal yang dilakukan pioner tersebut. Jarang masyarakat mau berbuat lebih dari yang merkea harapakan, sehingga diperlukanlah pioner tersebut. Contoh yang diperbuat, seperti : melakukan reboisasi dengna cara hutan rakyat, tidak membuang sampah sembarangan, melakukan pemanfaatan jasa dan hasil hutan non-kayu, dsb.
  • Menetapkan peraturan mengenai yang mengatur penebangan hutan secara liar.
Beberapa perturan yang dapat diterapkan yakni pembatasan jumlah penebangan hutan per tahun, melakukan perencanaan sebelum penebangan pohon,  tindakan keras terhadap para illegal logging, dan wajib melakukan penanaman kembali atau reboisasi setelah melakukan penebangan.
  • Mengadakan pengawasan, pengendalian, dan pengelolaan hutan.
Agar hal tersebut berjalan dengan lancar, tentunya hal tersebut harus dilaksanakan oleh semua pihak baik seluruh masyarakat dan pihak pemerintah sendiri. Jika hanya dilakukan hanya sepihak, maka hasil diperoleh tidak akan memuaskan semua pihak.
  • Undang undang tentang lingkungan hidup.
Contohnya seperti: Instruksi Presiden Republik Indonesia ( IMPRES ) Nomor 4 Tahun 2005 yang berisi tentang “pemberantasan penebangan kayu secara ilegal di kawasan hutan dan peredarannya di seluruh wilayah republik indonesia”
  • Memberikan sangsi kepada siapa saja yang melanggar peraturan tentang penebangan hutan
Jika undang undang atau peraturan sudah dibuat dan disahkan, maka seluruh masyarakat harus menaati dan mematuhi pertauran yang berlaku. Jika terdapat ada yang melanggar, wajib untuk di berikan sangsi. Sangsi tersebut dapat berupa teguran, ancaman, hingga hukuman penjara. sesuai dengan hukum yang berlaku
  • Larangan menebang hutan secara liar
Menebang hutan secara liar dapat diartikan dengan illegal logging, dapat menyebabkan hutan menjadi gundul. Alasan untuk melakukan illegal logging bermacam macam, tetapi alasan utama illegal logging adalah faktor ekonomi, sehingga diperlukan sangsi terhadap para illegal logging.
  • Melakukan reboisasi
Penanaman kembali atau biasa disebut dengan reboisasi ini perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi lingkungan hutan seperti semula kembali. Tapi, reboisasi belum cukup, kita pun harus tetap menjaga hutan tersebut selalu ada.

Sekian artikel mengenai Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasi Dampak Penggundulan Hutan. dijelaskan dengna rinci mengenai pengertian penggundulan hutan, penyebab penggundulan hutan, dampak penggundulan hutan, dan cara mengantasi penggundulan hutan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
June 27, 2019 at 3:25 PM delete

Waa makasi banyak yaah artikelnyaa, informatif sekali! Sukses selaluu

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya