Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. pernah membayangkan ada seseorang pendaki gunung, yang saat mendaki gunung membutuhkan tabung oksigen, kenapa dibutuhkan? padahal di bumi ada banyak oksigen?, tetapi pernah membayangkan suatu tempat dimana benda tersebut di tekan terus dengan sangat kuat, tetapi tidak bisa di tekan lagi sekuat apapun kalian coba? itulah yang dinamakan tekanan udara. untuk lebih detail mengenai tekanan udara, simak artikel dibawah.

Pengertian Tekanan Udara

Pengertian dari tekanan udara adalah suatu udara yang memberikan suatu tekanan tersebut karena berat udara tersebut adalah 1 cm2 pada suatu bidang mendatar dari permukaaan bumi hingga sampai batas luar atmosfer bumi. Dimana satuan tekanan udara 1 atm sama dengan 76.00 cm Hg sama dengan 29.92 inci Hg sama dengan 1.013.20 mbar.


Jenis Tekanan Udara

Tekanan udara memiliki 2 jenis yakni : tekanan udara vertikal dan tekanan udara horizontal

Tekanan Udara Vertikal

Tekanan udara vertikal adalah tekanan udara yang semakin ke atas semakin turun tekannannya, berikut contoh tekanan udara vertikal

  • Pada ketinggian 0 kaki, tekanan udaranya (mbar) adalah 1013.25
  • Pada ketinggian 5.000 kaki, tekanan udaranya (mbar) adalah 843.11
  • Pada ketinggian 10.000 kaki, tekanan udaranya (mbar) adalah 696.94
  • Pada ketinggian 15.000 kaki, tekanan udaranya (mbar) adalah 573.06
  • Pada ketinggian 20.000 kaki, tekanan udaranya (mbar) adalah 466.00

setiap naik sekitar 5000 kaki seperti pada contoh diatas, nilai dari tekanan udaranya menurun, yang menandakan karena semakin tinggi suatu tempat, kerapatan atau massa jenis udara semakin kecil, sehingga jumlah oksigen dalam udara akan semakin sedikit. Dimana dapat disebut juga dengan gradien tekanan udara. atau arti lainnya, gradien tekanan udara adalah nilai perubahan tekanan udara pada jarak sejauh 60 mil laut arah horizontal yang di ukur dari tekanan tinggi ke tekanan rendah tegak lurus isobar-isobar tersebut. Tekanan udara selalu turun dengan naiknya ketinggian suatu tempat, begitu pula sebaliknya. Sebagai aturan umum, tekanan udara selalu turun 1/30 kali untuk setiap naik 300 m, atau arti lain, setiap 1 mm hg setiap kali naik 11 m pada atmosfer lapisan bawah.

Tekanan Udara Horisontal

Tekanan udara horisontal adalah tekanan udara yang dipengaruhi oleh suhu udara, jika suhu udara semakin tinggi, maka tekanna udaranya semakin rendah. tetapi jika suhu udaranya rendah, maka tekanan udaranya semakin tinggi. contohnya : tekanan udara di indonesia berbeda dengan tekanan udara di antartika.

Faktor-faktor Tekanan Udara

berikut faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan udara

Lintang Bumi

Lintang bumi berpengaruh terhadap tekanan udara, yang dimana perbedaan lintang bumi pada setiap wilayah akan berpengaruh terhadap perubahan suhu udara. dan seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika suhu udara semakin tinggi, maka tekanna udaranya semakin rendah. tetapi jika suhu udaranya rendah, maka tekanan udaranya semakin tinggi. sehingga faktor yang mempengaruhi persebaran tekanan udara sama dengan yang mempengaruhi suhu udara. Pada peta tekanan udara permukaan, Isobar biasa dibuat untuk tiap perbedaan tekanan 3 mbar. Pengaruh dari lintang bumi melalui suhu atau temperatur akan menghasilkan pola tekanan udara pada permukaan bumi yang berbentuk simetris, seperti:

  • Daerah Khatulistiwa :  tekanan udara yang rendah dibandingkan daerah lainnya
  • Daerah Subtropis :  tekanan udara tinggi lebih daripada daerah khatulistiwa
  • Daerah Subpolar : tekanan udara rendah daripada daerah kutub
  • Daerah Kutub : tekanan udara yang tinggi dibandingkan daerah lainnya

Adapun peningkatan tekanan udara akibat lintang bumi ataupun suhu udara juga oleh faktor lain, seperti misalnya: angin. Tekanan udara ini juga tidak permanen atau pasti nilainya tetapi sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu dari matahari dan persebaran daratan dan lautan.


Persebaran Daratan dan Lautan

Persebaran daratan dan lautan memiliki pengaruh yang sangat jelas pada lintang bagian pertengahan. Dimana pada saat musim dingin, sebagian benua menjadi lebih dingin dan menjadi pusat pusat dari tekanan udara yang dimana bertekanan tinggi. Sementara pada musim panas, benua lebih panas dari lautan sehingga menjadi pusat tekanan rendah. Namun sebaliknya lautan dipengaruhi tekanan udara yang rendah pada musim dingin dan memiliki tekanan udara yang tinggi pada musim panas.

Pengaruh ini terlihat pada : Atlantik udara dibawah pengaruh tekanan udara yang tinggi pada musim panas dan memiliki tekanan udara yang rendah pada musim dingin. Belahan bumi bagian selatan lebih homogen, tidak menunjukkan adanya perbedaan musiman yang besar, sehingga perbedaan tekanan udara tidak terlalu siginifikan. Isobar pada lintang 40 – 70 LS hampir sejajar dengan garis lintang, hal ini disebabkan pengaruh sebaran lautan dan daratan yang kecil.

Alat Pengukur Tekanan Udara

Alat pengukur tekanan udara adalah barometer, berikut contoh barometer
Barometer


Variasi Tekanan udara

Tekanan udara memiliki Variasi atau perbedaanya. Setiap hari, tekanan udara menunjukan 2 kali maksimum dan 2 kali minimum, dimana pada periode ini, tekanan udara mengalami maksimum lalu minimum, lalu maksimum lalu minimum, dan selalu berulang. diman faktor yang mempengaruhi variasi tekanan udara adalah radiasi. berikut waktu yang menunjukkan perbedaan variasi tekanan udara, yaitu:

  • Pada pukul 10.00, tekanan udara mengalami maksimum
  • Pada pukul 16.00, tekanan udara mengalami minimum
  • Pada pukul 22.00, tekanan udara mengalami maksimum
  • Pada pukul 04.00, tekanan udara mengalami minimum

Demikian artikel mengenai Tekanan Udara : Pengertian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, dimulai dari pengertian, jenis, faktor faktor dan alat untuk mengukur tekanan udara, dijelaskan mendalam dalam artikel ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya