Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Halo, Sahabat Kritis, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup. dalam kehidupan sehari hari, lingkungan hidup memiliki peran yang sangat penting bagi keberlansungan kehidupan di masa yang akan mendatang. lingkungan hidup kadang tidak berselaras dengan pembangunan yang terjadi pada saat ini. Bagaimana cara untuk menyelaraskan pembangunan dengan lingkungan hidup?, dan Apa saja unsur unsur dari lingkungan hidup tersebut? Kita simak srtikel dibawah.

Pengertian Lingkungan Hidup 

Pengertian dari lingkungan hidup berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dalam perilakunya yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Berikut berupa unsur unsur lingkungan hidup yang terdapat 2 jenis, yakni lingkungan abiotik dan lingkungan biotik, dijelaskan rinci pada tulisan dibawah, yakni:

Lingkungan Abiotik (Fisik)

Lingkungan abiotik atau lingkungan fisik adalah lingkungan yang terdiri atas komponen-komponen fisik atau segala benda mati dan keadaan fisik yang ada di sekitar individu-individu, seperti air, udara, tanah, mineral, cuaca dan iklim, dan faktor gaya berat.

Lingkungan Biotik (Non-Fisik)

Lingkungan biotik atau lingkungan non fisik adalah lingkungan yang terdiri atas komponen-komponen makhluk hidup atau segala sesuatu yang ada di sekitar individu baik tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia, contohnya seperti makhluk hidup.

Kualitas Lingkungan Hidup

Kualitas lingkungan hidup didasarkan pada beberapa kriteria, seperti kualitas lingkungan hidup bedasarkan kriteria biofisik, sosial, ekonomi, dan budaya, dijelaskan rinci pada tulisan dibawah:

Kualitas lingkungan hidup berdasarkan kriteria biofisik

Kualitas lingkungan hidup berdasarkan kriteria biofisik diketahui dengan menganalisis keadaan lingkungan fisik di sekitar kita.

Kualitas lingkungan hidup berdasarkan kriteria sosial

Kualitas lingkungan hidup berdasarkan kriteria sosial terwujud dengan baik apabila peran serta manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup juga berjalan dengan baik.

Kualitas lingkungan hidup berdasarkan kriteria ekonomi

Kualitas lingkungan hidup berdasarkan kriteria ekonomi caranya dengan menjaga kebersihan, ketertiban, keteraturan, dan keseimbangan lingkungan hidup di sekitar kita

Kualitas lingkungan hidup berdasarkan kriteria budaya

Kualitas lingkungan hidup berdasarkan kriteria budaya merupakan kerjasama yang harmonis, antara manusia, teknologi, dan lingkungan hidup.

Pemanfaatan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan

Pemanfaatan secara berkelanjutan dimaksudkan untuk menjaga spesies tertentu (varietas) agar keberadaanya tetap dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. Pemanfaatan berwawasan lingkungan dimaksudkan untuk tetap menjaga lingkungan hidup dalam pemanfaatannya, salah satunya adalah pembangunan, yang dimana lebih mengutamakan lingkungan hidup, menggunakan pembangunan berkelanjutan

Pembangunan dalam arti sederhana adalah perkembangan dalam suatu wilayah yang berupa material. Sementara, Pembangunan dalam arti luas adalah perkembangan atau kemajuan suatu negara ditandai dengan adanya bangunan-bangunan material maupun ditandai dengan majunya tingkat sumber daya manusia sebagai sector penggerakan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan menitik beratkan pada keberlanjutan lingkungan yang akan diwariskan pada generasi yang akan datang.

Sekian artikel mengenai Pengertian Lingkungan Hidup dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup. dijelaskan detail mengenai pengertian lingkungan hidup, unsur unsur lingkungan hidup, apa saja kualitas yang mempengaruhi lingkungan hidup, serta pemanfaatan lingkungan hidup dengan menggunakan sistem pembangunan berkelanjutan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kekritisan anda semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan cara : Jangan SPAM dan Jangan Berkata yang Tidak Sepantasnya